Kurangi Makan Daging, Hidup Lebih Sehat

Jika Anda adalah vegetarian, Anda patut berbahagia. Pasalnya, mereka yang lebih sering mengkonsumsi daging cenderung memiliki kemungkinan terserang beberapa jenis penyakit dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sayuran setiap hari. Bagaimana mungkin?

Mengkonsumsi daging memang dianjurkan, sebagai sumber protein hewani. Namun jika Anda mengkonsumsi daging lebih dari 4 kali dalam satu minggu, Anda patut waspada. Karena bisa jadi bukan manfaat yang Anda rasakan, tapi justru menimbulkan sebuah penyakit baru yang diderita tubuh Anda.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan di University of Oxford, dengan mengurangi konsumsi daging diduga dapat menurunkan tingkat kematian usia dini hingga 45.000 dalam setahun. Daging di sini tidak hanya daging merah saja, tapi juga produk olahan dan turunannya.

Sebut saja sosis, nuget, smoked beef, yang kurang begitu baik untuk kesehatan karena kadar garam dan juga lemaknya cenderung tinggi. Daging merah yang belum di olah menjadi apapun, sebaiknya juga tidak dikonsumsi berlebihan.

Peneliti menganalisis kesehatan orang-orang dengan berbagai jenis diet yang berbeda. Mereka menemukan bahwa diet rendah-daging bisa mengurangi tingkat kematian akibat penyakit jantung sekitar 31.000, kematian akibat kanker dengan 9.000 dan kematian akibat stroke 5.000 setiap tahunnya.

Dr. Mike Rayner dari Department of Public Health, University of Oxford, mengatakan apabila seseorang mengurangi konsumsi daging dengan tiga porsi kecil daging dalam satu minggu dan sedikit tambahan susu akan menurunkan tingkat kematian akibat serangan jantung.

Misalnya saja, jika Anda mengkonsumsi satu porsi kecil steak daging, untuk menggantikannya bisa juga menggunakan ikan ataupun telur yang juga memiliki kandungan protein hewani. Bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi daging, namun jumlahnya saja yang sebaiknya dikurangi.

sumber:detikfood.com

About chorolaut


2 responses to “Kurangi Makan Daging, Hidup Lebih Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: