Teknologi Hacking Terbaru: Tembus Segala Network

CERT (Computer Emergency Response Team) Finlandia baru saja menemukan ancaman terbaru bagi jaringan komputer. Semua teknik pencegahan tampaknya tidak berdaya menghadapi metode serangan hacker paling gres ini. Serangan itu tidak meninggalkan jejak dan tampak bersih. Sistem keamanan komputer paling modern pun gagal mencegah hantaman hacker ini.

Menurut Stonesoft Corporation, sebuah provider terkenal yang menangani keamanan computer network, serangan hacker yang disebut AET (Advanced Evasion Technique) itu dengan gampang menembus seluruh solusi sekuriti sistem jaringan. Bahkan ia dengan mulus melewati firewall dan melenggang-kangkung tak terlihat dalam suatu sistem komputer. Bagai spion yang mampu menghilang, metode serangan cyber ini tidak terlihat dan tak bisa dideteksi oleh pelapis pengaman sistem.
Metode ini bagi cracker (criminal hacker) merupakan kunci umum untuk masuk dalam sistem setiap perusahaan dan mencuri data. Karena tidak dikenali sebagai malware, cracker bakal punya banyak waktu untuk mencari lubang keamanan (exploits) yang terbuka. Risiko untuk dikenali dan dibasmi amatlah kecil. Serangan jenis ET (Evasion Technique) pada sistem jaringan komputer dikenal sejak tahun 1990-an, namun tak sehebat AET. Apalagi jika arsitektur AET oleh cracker dikombinasikan sebagai pasukan penyergap yang tiba saling susul-menyusul. Tak ada satu pun sistem standar computer network di dunia yang mampu menahannya. Sebab kemungkinan kombinasinya akan melebihi 2180 macam dan secara teori cara ini tidak bisa dicegah. Pencarian dan penemuan kombinasi yang benar akan perlu waktu sangat lama. Ibaratnya mencari dan menemukan sebutir pasir di 500.000 galaksi sebesar Galaksi Bimasakti (garis tengah: 100.000 tahun cahaya).
Konon hacker biasa tidak akan mampu membuat model penyerang jenis AET, karena amat sangat kompleks. Pengadaannya membutuhkan banyak duit dan otak beberapa pakar komputer berpengalaman. Hanya organisasi kriminal atau dinas rahasia yang mampu membuat AET ini. Stonesoft Corporation berniat membentuk semacam aliansi untuk melawan ancaman hebat ini. Melalui url http://www.antievasion.com mereka mencari sekutu untuk melawan AET tersebut. Anda berminat?


About chorolaut


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: